Membangun Ruang Kreativitas dan Identitas Budaya Lokal di Era Digital

Yafie

05 / 04 / 2023

Membangun Ruang Kreativitas dan Identitas Budaya Lokal di Era Digital

Di era digital yang terus berkembang, menjaga identitas budaya lokal menjadi suatu hal yang sangat penting. Salah satu aspek penting dalam menjaga identitas tersebut adalah memperkuat ruang bagi kreativitas dan jenama lokal. Handoko Hendroyono, salah satu pendiri M Bloc Space, menegaskan bahwa kehadiran M Bloc Grup sejak awal telah sejalan dengan komitmennya untuk memberikan wadah bagi jenama lokal. Baginya, memberikan akses bagi jenama lokal menjadi kunci untuk mengembangkan dan memperluas pasar mereka.


Sebelum adanya ruang bagi kreativitas lokal, akses mungkin telah tersedia namun kurang dimanfaatkan. Oleh karena itu, membuka ruang bagi kreasi lokal tidak hanya tentang memberi tempat, tetapi juga membangun narasi dan literasi yang memperkenalkan potensi lokal. Bentuk keberpihakan terhadap kreativitas lokal di M Bloc Space mencakup memberi ruang dan menarasikan potensi lokal tersebut. Terutama dalam hal narasi, Handoko meyakini bahwa membangun narasi dan literasi terhadap lokalitas di Indonesia masih sangat kurang. Untuk itulah, Handoko percaya bahwa membangun kepercayaan dan eksistensi bagi kreasi lokal menjadi hal yang mendasar dalam memperkenalkan mereka kepada pasar.


M Bloc Market hadir sebagai etalase jenama lokal di M Bloc Space


Di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, memperkuat jenama lokal menjadi hal yang penting bagi pengusaha lokal. Tantangan utama dalam membangun jenama lokal adalah kemampuan untuk mengembangkan model bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang kuat. Oleh karena itu, kerjasama dan pendampingan antar pengusaha lokal menjadi hal yang penting dalam memperkuat jenama lokal.


Dalam memperkuat jenama lokal, media dan forum untuk mewadahi kreasi lokal menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Melalui media dan forum tersebut, pengusaha lokal dapat saling belajar dan bertukar pengalaman dalam membangun jenama lokal yang kuat dan berdaya saing. Dengan memperkuat jenama lokal, baik melalui media komunikasi alternatif maupun kolaborasi antar pengusaha lokal, kita dapat bersama-sama menyuarakan identitas budaya lokal dan memperkuat eksistensi kreasi lokal di pasar yang semakin kompetitif.


Membangun Ruang Lewat Doodle: Pesan Tanpa Intimidasi


Selain memberikan wadah bagi jenama lokal, M Bloc juga menjelajahi media komunikasi alternatif, termasuk doodle. Dalam wawancara yang sama, Handoko Hendroyono, seorang seniman yang terlibat dalam penciptaan doodle di M Bloc, mengungkapkan bahwa doodle sangat efektif sebagai media komunikasi karena mampu menyampaikan pesan secara sederhana namun kuat. Sejak era Instagram pada awal 2010-an, Handoko telah memulai perjalanannya dalam menciptakan doodle. Baginya, tulisan dan gambar memiliki kekuatan yang sama dalam menyampaikan pesan.


Doodle Handoko Hendroyono


"Saya menulis untuk menggambarkan sesuatu, saya menggambar untuk menuliskan sesuatu," tegasnya. Dengan demikian, melalui ekosistem seperti M Bloc Space, pengusaha lokal dapat memperkuat jenama mereka dengan memberikan akses, membangun narasi, dan mengeksplorasi media komunikasi alternatif seperti doodle. Hal ini tidak hanya membantu dalam memperluas pasar bagi jenama lokal, tetapi juga memperkuat identitas budaya lokal di era digital yang terus berkembang.




Try our
Augmented Reality!
CLICK HERE