M Bloc Market: Pasar Kelontong Kekinian Penggerak Jenama Lokal

Dani Kosasih

17 / 04 / 2024

M Bloc Market: Pasar Kelontong Kekinian Penggerak Jenama Lokal

M Bloc Market merupakan pasar kelontong kekinian yang menjajakan 70 persen produk lokal. Mengusung konsep indie groceries, M Bloc Market merupakan perwujudan tekad M Bloc Space, sebagai ruang ekosistem kreatif, untuk memberikan dampak nyata bagi penguatan ekonomi lokal. Saat ini M Bloc Market telah memiliki tujuh gerai yang tersebar di jaringan M Bloc Space pada beberapa kota yakni Jakarta, Padang, Jambi, Medan, dan Yogyakarta. 


Didirikan sejak dua tahun lalu di masa pandemi, M Bloc Market didesain sebagai etalase untuk mempopulerkan produk lokal berkualitas agar dapat diakses lebih banyak orang. CEO M Bloc Space, Handoko Hendroyono menjelaskan bahwa pengelolaan M Bloc Market tidak berdiri sendiri, namun melibatkan proses empowering dan engagement dengan pelaku usaha lokal. Handoko menambahkan, konsep grocery store memang telah menjamur, namun yang fokus menyediakan ruang bagi jenama lokal masih sangat jarang ditemui. M Bloc Market ingin menjadi pionir yang menyediakan ruang bagi jenama lokal agar semakin dikenal dan berdaya saing. 


M Bloc Market mengusung tiga identitas utama yakni wellness, traceability, dan locality. Sebagai etalase produk, wellness berarti memastikan setiap produk yang dipasarkan telah melewati tahapan kurasi yang cermat untuk menjaga kualitas dari produk tersebut. Oleh karena itu, M Bloc Market berkolaborasi dengan Universitas Prasetiya Mulya untuk melakukan proses kurasi yang bertujuan untuk memastikan produk yang dipasarkan berkualitas dan memiliki dampak baik terhadap konsumen.




Pada identitas traceability, M Bloc Market memastikan seluruh produk yang dijual diketahui proses produksinya dari hulu ke hilir. Hal ini diharapkan dapat memberikan profil utuh dan membangkitkan kesadaran asal usul dari suatu produk lokal yang dipasarkan. Handoko menjelaskan, identitas traceability ini sejalan dengan gerakan anak muda berbasis pemanfaatan teknologi informasi, untuk peduli terhadap asal usul, latar belakang, dan karakteristik suatu produk. Handoko mencontohkan, misal terkait kopi, anak muda akan cenderung mengulik dari mulai asal daerah, karakteristik petani dan geografisnya, hingga proses roasting-nya. 


M Bloc Market juga mengangkat semangat locality untuk mempopulerkan produk sesuai dengan identitas kewilayahannya. Unsur kelokalan sengaja diidentifikasi untuk menjadi wacana utama dari produk tersebut. Semangat locality kemudian menjadikan produk lokal tak ubahnya seperti komponen bangsa ini, bahwa ada keragaman yang menjadikannya semakin semarak dan menarik untuk terus dipelajari. Konsumen tidak hanya mendapat sajian berupa kenikmatan dan kecocokan dalam mengkonsumsi suatu produk, tetapi lebih luas dari itu terdapat informasi dan pengalaman baru terkait karakteristik geografis yang menjadi asal usul dari produk tersebut. 


M Bloc Market juga memasarkan aneka produk untuk rumah tangga dan komunitas. Makanan segar seperti buah dan sayur terseleksi secara organik tanpa pestisida sehingga aman untuk dikonsumsi. Produk camilan dan minuman produksi lokal dipasarkan dengan mempertimbangkan cita rasa, ketelusuran bahan baku, dan proses produksi, serta keamanan kemasan, membuatnya tidak kalah dengan camilan kenamaan lain. Produk kesehatan dan kecantikan dengan jenama lokal yang teruji kualitasnya secara klinis. Tidak ketinggalan produk home appliance yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan membantu aktivitas sehari-hari. 




Selain pemasaran produk lokal, M Bloc Market juga menyuguhkan suasana dan pengalaman yang menarik untuk melakukan berbagai kegiatan seru. Di M Bloc Market Jakarta Selatan misalnya, selain pusat belanja, terdapat creative hall sebagai ruang berekspresi dan berkegiatan, spot artistik dan menarik untuk berfoto, tenant makanan siap saji yang menyediakan menu tradisional atau western, dan Gang Disko, Gang Pasar, serta Gang Kelontong sebagai tempat bersantai dan bercanda tawa bersama keluarga atau sejawat. 


Pengalaman menarik lain juga bisa dijumpai di M Bloc Market Jambi. Desain bangunan yang khas dengan konsep arsitektur Candi Muaro Jambi yang terekam pada pilar-pilar di pintu masuk dan tata letak khas pasar modern di area dalam menjadi titik temu yang pas antara lokalitas dan konteks kekinian. Pengunjung M Bloc Market semakin dimanjakan dengan alunan lagu-lagu daerah Jambi untuk menemani berbelanja dan beraktivitas.



Try our
Augmented Reality!
CLICK HERE