Suwe Ora Jamu, Vokal dengan Kekuatan Lokal

Dani Kosasih

17 / 04 / 2024

Suwe Ora Jamu, Vokal dengan Kekuatan Lokal

Di tengah ramainya minuman kekinian dengan beragam rasa dan sajian, terdapat satu jenama lokal yang terus berupaya tumbuh dengan dengan tetap menjaga karakteristiknya. Jenama itu adalah Suwe Ora Jamu, didirikan oleh Nova Dewi pada 2012, yang memiliki visi besar melestarikan jamu sebagai sajian khas negeri ini dan dapat diterima dari generasi ke generasi. Suwe Ora Jamu terus berkembang dengan beragam inovasi sehingga jamu tak lagi dipandang dengan image kuno dan tertinggal oleh perkembangan zaman. 


Di awal berdiri, Suwe Ora Jamu berangkat dari keresahan Nova Dewi yang kesulitan mendapatkan jamu berkualitas di Jakarta. Di perkampungan pinggiran Jakarta memang masih ditemui penjual jamu keliling atau kedai jamu sederhana, namun seiring berkembangnya waktu eksistensinya kian tergerus dan kesulitan mendapatkan konsumen baru. Konsumen jamu masih didominasi ibu rumah tangga dan masih belum dilirik oleh kalangan muda yang berpotensi untuk melanjutkan tradisi minum jamu.


Nova Dewi, pendiri Suwe Ora Jamu


Berangkat dari hal tersebut, Suwe Ora Jamu kemudian didesain sebagai kedai jamu modern yang sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung. Selain untuk menikmati sajian jamu dan jajanan lokal lainnya, pengunjung bisa dengan nyama bekerja, berkegiatan, dan menjadi tempat berkumpul anak muda. Bicara tentang anak muda, mereka adalah target utama eksistensi kedai Suwe Ora Jamu. Alasan utamanya adalah untuk melestarikan jamu dengan mewariskan ke generasi terkini. Suwe Ora Jamu tidak hanya melakukan pemasaran, tetapi juga proses edukasi kepada pengunjung. 


Tidak salah kemudian Suwe Ora Jamu juga membuka salah satu kedainya di ruang ekosistem kreatif M Bloc Space. Sebagai pusat kreatif dan kolaborasi, M Bloc Space menjadi tempat berkumpul anak muda dari berbagai kalangan yang diharapkan dapat menjadi target kampanye pengenalan dan pelestarian jamu oleh Suwe Ora Jamu. Di kedai tersebut disajikan beragam jenis olahan jamu seperti houseblend dan tisane, serta camilan nusantara yang khas. Selain itu, untuk menarik minat anak muda, juga terdapat olahan jamu kekinian yang memadukan jamu dengan soda dalam produk Sodamu Pop, dan minuman kunyit latte yang rasanya sangat unik. Inovasi tersebut terus didorong Suwe Ora Jamu agar anak muda semakin bangga meminum jamu, seperti saat mereka meminum kopi.



Selain sajian, Suwe Ora Jamu juga berupaya membangun gaya hidup minum jamu dengan menjadikan kedainya sebagai tempat edukasi tentang jamu dan kegiatan positif anak muda lainnya. Kedai Suwe Ora Jamu menyelenggarakan workshop jamu secara berkala, yang menjadi media anak muda untuk belajar membuat racikan jamunya sendiri. Kedai Suwe Ora Jamu juga rutin menjadi tuan rumah bedah buku dan pembacaan puisi. Sebagai pemantik literasi, Suwe Ora Jamu juga menerbitkan buku bertajuk “Cerita Jamu” yang memuat pengetahuan seputar jamu di Indonesia, bahan baku, khasiat, dan bahasan lainnya.




Try our
Augmented Reality!
CLICK HERE